Unity3D di BlankonLinux Uluwatu

Unity3D adalah game engine cross platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi di berbagai platform dan sistem operasi. Unity3D mendukung platform web, mobile dan juga desktop sehingga developer cukup membuat di satu platform kemudian di compile untuk berbagai platform. Saat ini rilis resmi Unity3D  hanya untuk dipasang di MS Windows dan Mac OS X, sedangkan untuk pengguna Linux sejak 2015 sudah dapat memasang versi unofficial dan sekarang sudah berupa beta rilis. 

Pengguna Blankonlinux Uluwatu juga dapat memasang Unity3D ini menggunakan versi betanya. Pemasangan Unity3D di BlankonLinux sudah sangat mudah karena dibantu dengan panduan antarmuka grafis . Saat ini versi Unity3D yang akan dipasang adalah Unity 2018.2.3f1. Tahapan pemasangan Unity3D di Blankonlinux Uluwatu sebagai berikut :

Langkah Pertama 
Kunjungi posting yang paling akhir dari forum unity3d yang membahas tentang rilis unity3d di linux untuk mengetahui rilis terbaru paket instalasi untuk linux. 

Langkah Kedua
Unduh rilis terbaru unity3d, kemudian jangan lupa untuk diubah modenya menjadi excutable alias di chmod +x, untuk install tinggal di eksekusi filenya. 

unity3d_blankonlinux_uluwatu_1

Langkah Selanjutnya adalah mengikuti tampilan dari panduan instalasi

unity3d_blankonlinux_uluwatu_2

Ini adalah tampilan awal untuk antarmuka pemasangan unity3d tinggal diklik pada tombol “Forward” untuk melanjutkan pemasangan

unity3d_blankonlinux_uluwatu_3

Pada langkah berikutnya adalah persetujuan lisensi, kita centang dan kemudian klik “forward”. Pada tahap persetujuan lisensi ini kita mengikuti saja untuk dapat menggunakan Unity3D.

unity3d_blankonlinux_uluwatu_4

Pada bagian ini kita dapat memilih paket apa saja yang akan dipasang pada unity3d

Langkah berikutnya adalah memilih lokasi dimana unity3d ini akan dipasang. Kita dapat memilih folder untuk instalasinya 

unity3d_blankonlinux_uluwatu_5

Setelah itu tinggal kita tunggu proses unduh dan pemasangan unity3d di mesin blankonlinux kita. Dan proses unduh tergantung dengan kecepatan Internet di rumah ataupun kantor kita 🙂

Setelah selesai pemasangan maka kita akan diminta untuk login ke unity3d  dan akan muncul lagi popup untuk persetujuan bahwa unity3d ini dalam masa experimental. Kemudian akan dilanjutkan dengan pemilihan lisensi penggunaan Unity3D ini, ada pilihan profesional dan personal. Dan ada persetujuan penggunaan aplikasi juga utamanya yang menghasilkan uang 🙂

Nah pemasangan selesai dan kita akan masuk pada tampilan Unity3D. Penamaan project, lokasi project dan juga jenis aplikasi yang akan dibuat. Dan akhirnya selamat mencoba Unity3D di Blankonlinux Uluwatu. 

About Author:

kadang NgeBlog, kadang baca buku, Pengguna linux biasa yang kadang ngajar tentang IT, kadang matematika dan kadang juga tentang web

Leave A Comment