Society 5.0 dan Para Cerdik Cendekia

Ada apa dengan Society 5.0, bukankah kita lagi berhadapan dengan Revolusi Industri 4.0? Negara maju udah berpikir dengan model-model peradaban baru pasca industrialialisasi dan informasi. Jerman mengusung industri 4.0 dan Jepang dengan society 5.0, mungkin itulah tawaran peradaban baru.

Tawaran peradaban tak lepas dari visi bangsa tersebut. Jerman dikenal dengan Industrialisasi yang massif demikian juga dengan Jepang. Basis dari keduanya adalah kemajuan digital. Jerman melihat untuk kemajuan Industri sedangkan Jepang melihat bagaimana pemanfaatan dan perubahan pada sisi manusia-nya.

Revolusi Industri sudah kita kenal dari ditemukannya mesin uap, hingga Internet. Demikian juga tahapan Society 5.0 yang dicirikan dengan super smart people, pasti kita belajar tentang peradaban manusia dari berburu dan meramu hingga industrialisasi. Dan itulah gambaran peradaban yang diinginkan oleh Jepang, berpusat pada manusianya bukan pada Industri semata

Society 5.0 dan Manusia

Tahapan-tahapan peradaban manusia sudah terlewati. Dan kita masuk pada era masyarakat informasi yang jelas tidak dapat lepas dari data dan Internet. Apakah tahapan ini akan menjadikan generasi mendatang (pasca millenial) tambah smart dalam memanfaatkan Teknologi Informasi? ataukah malah akan sangat tergantung dengan teknologi?

Saat ini kita sudah menyaksikan bagaimana manusia sudah tidak dapat lepas dari gadget. Hingga kadang melupakan keselamatan pribadi demi menjaga eksistensi dengan gadgetnya. Ada nilai-nilai dan etika yang berubah dengan perubahan peradaban masyarakat ini. Manusia dipaksa menyesuaikan diri dihadapan teknologi.

Tantangan manusia dengan Revolusi Industri 4.0 inilah yang menjadikan munculnya Society 5.0 .

Lha terus apa hubungannya dengan para cerdik cendekia? Iya para cerdik cendekia inilah yang mesti sadar dengan kondisi dan menyiapan pra kondisi untuk Society 5.0. Nah sebetulnya catatannya cuman itu aja, karena ini adalah sedikit catatan yang dapat saya ambil waktu ikut jadi peserta ICET di UNP 🙂 . Dan para cerdik cendekia berkumpul dalam seminar membahas tentang pengaruh Revolusi Industri 4.0 dengan tren Pendidikan yang ujung-ujungnya adalah persiapan menghadapi Society 5.0.

About Author:

kadang NgeBlog, kadang baca buku, Pengguna linux biasa yang kadang ngajar tentang IT, kadang matematika dan kadang juga tentang web

Leave A Comment