Jangan Hitung jasamu

Perjumpaan dengan teman lama memang menarik, karena banyak yang diobrolin dan banyak berbagi informasi terkini. Iya siang ini teman lama yang bertandang ke rumah adalah hamdan, teman sekamar waktu di shobron UMS. Cerita yang menarik karena dia memang banyak berkeliling di dunia intelektual mahasiswa, hingga kunjungan ke rumahku ini juga dalam rangka tour intelektual menyapa aktivis-aktivis mahasiswa di jogja. Soal bacaan tidak dapat diragukan, tentang filsafat itu udah mayor nya, hingga satu buah buku udah lahir dari buah pikirnya.

Perjumpaan kali ini masih membahas tentang organisasi, politik dan juga tentang kiprah teman-teman yang pernah bareng. Kritik ma pemerintah ya biasalah 🙂 tapi yang saat ini hangat kita obrolin adalah tentang kiprah kita di organisasi. Sebagai anggota organisasi kita masih senang kok membicarakan kiprah kita apakah udah layak dibicarakan sebagai seorang aktivis atau sekedara anggota biasa. Aktivis itu harus banyak berkiprah bukan banyak menuntut untuk menjadi aparatur di organisasi lebih-lebih meminta jabatan. Karena jika hitungan kita adalah seberapa berjasanya kita bagi organisasi maka kita masih jauh dengan kiprah para pendiri organisasi. Untuk mencapai taraf seperti itu ya harus betul-betul ikhlas mempersembahkan diri kita dalam pengabdian di organisasi.

jika pernah ada ungkapan jangan tanya apa yang telah negara berikan untuk kita, tapi tanyakan apa yang telah kita berikan untuk negara. Ujaran ini sepertinya nyambung dengan yang disampaikan hamdan tadi, yaitu jangan harapkan imbal balik dari organisasi untukmu tapi berikan apa yang kamu bisa untuk organisasi. Harapan itu akan memunculkan kecewa, lebih kurang begitulah yang dapat kita tangkap 🙂 . Menjual potensi diri sebagai bentuk dari pengabdian akan menjadi lebih membanggakan diri kita sendiri daripada sekedar mengharap imbal balik. Ya semoga kita tetap menjadi orang yang ikhlas mengabdi dan memberikan karya terbaik kita, makasi untuk fitrah hamdani yang berkunjung siang ini.

  • Unique Post

About Author:

kadang NgeBlog, kadang baca buku, Pengguna linux biasa yang kadang ngajar tentang IT, kadang matematika dan kadang juga tentang web

Leave A Comment