Lebaran, laburan, leburan

Saya yakin saat ini hape kita penuh dengan banyak ucapan tahniah idul fitri, banyak ragamnya, dari kata bijak puitis, pantun ataupun sekedar ucapan selamat hari raya. Ada juga yang nyediain template bermacam teks dan juga gambar yang mudah untuk kita duplikasi dan kita sebar ulang. Dan lebaran menjadi meriah dengan saling berbalas ucapan dan saling bermaafan walaupun sekedar lewat teks dan percakapan media sosial.

Esensi syawal, pada dasarnya adalah ungkapan untuk pengagungan Tuhan dan saling mendoakan agar segala amal ibadah sewaktu ramadhan kemarin diterima. So ucapan tahniah dan permohonan maaf adalah pelengkap berhari raya :-).

Ada yang menarik dengan tradisi jawa yang serba simbolik untuk menggambarkan suasana hari raya idul fitri. Mungkin kita pernah dengar baik istilah maupun menikmati makanan khas pas lebaran. Ya mulai dari istilah lebaran itu sendiri juga udah simbolik, apalagi dengan ‘kupat’, lepet atau makanan lainnya yang jelas kalo disebut tambah bikin pengin makan aja :-).

Lebaran Β dari kata lebar yang bisa diartikan selesai atau ramadhannya udah usai. Nah itu baru istilah lebaran, padahal kata lebaran itu biasa disandingkan dengan laburan dan leburan. Laburan dari kata labur yaitu mengecat dengan warna putih, biasanya pakai batu kapur dan batu gamping yang efeknya adalah warna putih. Dan biasanya jelang lebaran, rumah-rumah dilabur biar tampak baru dan bersih. Nah harapannya dengan lebaran kita akan menjadi putih, bersih lagi seperti yang baru.

Nah leburan itu dari kata lebur yaitu luruh atau diluruhkan, seperti batu ataupun besi yang dileburkan sehingga mencair dan bahkan bisa berkurang ataupun hilang. Maksudnya adalah bahwa lebaran itu leburan, melebur segala dosa dan kesalahan, dengan mengakui kesalahan dan merendahkan diri untuk memohon maaf.

Ya mungkin yang simbolik ini perlu digali lagi nilai-nilainya bukan sekedar kita tolak segala tradisi tanpa mengetahui nilai-nilainya.

Oh iya seiring takbir yang bersautan dari pengeras suara di masjid-masjid malam ini aku sekeluarga juga menghaturkan ucapan taqabbalallahu minna wa minkum, moga diterima segala amal kita semua dan selamat hari raya idul fitri, semoga kita dapat lebaran setelah melewati ramadhan tahun ini, dan laburan yang memutihkan dan mensucikan kita kembali serta kita dapat leburan atas segala dosa dan kesalahan.

About Author:

Leave A Comment