Panci 

Beberapa hari ini menikmati libur dan tugas organisasi tapi sayangnya gak bisa update tentang info kekinian. Melihat siaran tivi tentang bom panci dengan daya rusak 300 meter, ngeri juga sih. Dan lagi-lagi ada jaringan teroris yang ditangkap. Lengkap sudah Indonesia, ada kasus dugaan penistaan agama, ada reaksi dengan beberapa aksi besar, aksi bhineka, dan juga adanya dugaan makar.

Ya untuk kasus-kasus itu kita serahin ma aparat penegak hukum saja karena kita negara hukum. Terus apa hubungannya dengan panci? Sebenarnya sih gak akan menghubung-hubungkan tulisan ini dengan bom, cuma tertarik aja dengan panci. Panci yang biasanya terbuat dari alumunium, yang dulu biasanya kita lihat banyak tutup panci bekas yang digunakan sebagai antena tipi dikampung biar sinyal tipi lebih kuat, yang katanya bagus sebagai reflektor antena.

antena_panci

Mungkin kalau generasi pasca 90an ga bakalan liat dah tutup panci dirangkai dengan antena tipi :-). Dan pada saat belajar fisika atau elektronika saya baru tahu bahwa alumunium adalah bahan yang bagus untuk memantulkan gelombang dengan ukuran tertentu. Kita juga mafhum bahwa antena biasanya dibuat dengan alumunium.

Oh iya ada pertanyaan juga pas kita belajar tentang perpindahan panas. Kenapa panci tidak ikut terbakar jika dipanaskan di atas kompor? Nah menarik lagi kan, airnya mendidih tapi panci alumunium tersebut hanya menyalurkan panasnya, ayo cari jawaban ilmiahnya. Coba jika panci itu menggunakan besi, kira-kira bagaimana? Pada suhu tertentu besi akan meleleh … Ah sudahlah kita bicarain panci alumunium aja.

Karena sifatnya tadi, katanya alumunium juga tidak dapat ditera menggunakan inframerah. Dan tidak pula ditera dengan magnet, karena logamnya beda, kalo ini mesti baca literatur tentang logam. Untuk praktisnya kita coba aja deketin magnet ke panci dirumah, kalo tidak punya magnet ya cari speaker bekas ntar dibagian belakang speaker bekas itu biasanya ada magnet yg berbentuk lingkaran.

Nah itu tadi panci alumunium menurut sifat fisika dan elektronya, berikutnya adalah secara mistiknya :-). Kenapa mistik, ya karena belum tau penjelasan secara keilmuan ataupun jurnal2 ilmiah. Iya dulu pas masih sma dan sering ikut ngaji, sampai pada materi tentang hal ghaib, yaitu sesuatu yg tidak nampak dan kita meyakini keberadaannya. Tentang malaikat dan jin, kita semua meyakini, tapi pas ada yang nanya ttg tuyul maka jadi rame. Nah disinilah muncul lagi panci alumunium yang banyak dipake para pedagang dipasar untuk menyimpan uangnya. Lho kenapa panci, nah inilah yang belum ketemu ilmiahnya, katanya panci tidak bisa dimasuki tuyul, sehingga uang yang disimpan tetap aman. Nah itulah panci alumunium yang dikampung mudah didapet, ada yang pake diangsur juga lho … Ok selamat belajar tentang logam dan tentunya alumunium biar gak sekedar nyimpen duit dalam panci

  • Unique Post

About Author:

Leave A Comment