Leafletjs + choropleth plugins

Ternyata udah lama gak nulis dan mengisi blog ini dengan kabar kebaikan πŸ™‚ Β iya saya rasa bukan sekedar kesibukan yang dapat terus kita salahkan. Kemalasan sepertinya telah menggelayut nih, ampe beberapa kerjaan juga dikerjakan jelang finish :).

iya beberapa waktu ini masih berkutat dengan geojson dan peta, tentu saja masih dengan leafletjs. Saat ini sambil baca-baca tentang plugins yang menurutku cukup menarik untuk dicoba, ya sekedar dicoba karena cuma edit dikit dari contoh yang udah disediakan ma pengembangnya, yaitu choropleth. Seperti yang didokumentasi oleh pengembangnya, plugins ini cukup mudah untuk digunakan menampilkan data berbasis spasial, yang biasanya menggunakan geojson.

Mimpi tentang geospasial muhammadiyah sebenarnya udah lumayan lama untuk didiskusikan. Penyajian data organisasi lebih-lebih di era yang serba dijital dan visual sudah menjadi kebutuhan, demikian juga data berbasis spasial akan sangat menarik jika dapat ditampilkan dengan baik. Peta berupa vector ataupun berupa geojson untuk Indonesia sebenarnya sudah disediakan oleh BPS dan tentunya dengan ketentuan tertentu. Untuk saat ini data yang saya gunakan adalah peta dari pemiluapiΒ yang pada saat diakses sudah menyediakan data wilayah hingga batas kecamatan, kalo ada data desa tenu akan sangat menarik (ngarep banget πŸ™‚ ).

nah berikut tampilan hasil copas dari code contoh yang ada :

Screenshot from 2016-07-31 23-06-46

oh iya untuk data geojson pemilu api saya bandingkan dengan data MFD BPSΒ ada perbedaan kode provinsi untuk papua dan papua barat sehingga perlu disesuaikan dikodenya. Moga ntar dapat peta geojson yang ampe tingkat desa biar dapat menyajikan data lebih detil hingga kondisi desanya :). Untuk oprek-oprek ginian masih terbuka kok untuk yang punya waktu luang πŸ™‚

About Author:

Leave A Comment