Indonesia dan berkemajuan

Pada laman https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sejarah_nama_Indonesia dituliskan rentang ilmiah penggunaan kata indonesia. Para peneliti hindia timur ini mulai mencari kata yang tepat untuk menyebut secara spesifik penduduk yang ada di jajahan belanda (netherland-indische). Penyebutan melayu lebih awal diakui tetapi tampaknya antar peneliti juga belum ada kata sepakat. Sehingga kata indonesia digunakan oleh beberapa publikasi peneliti tersebut berikut dengan bahasa penuturnya, bahasa indonesia.
Ki hajar dewantara tercatat sebagai orang hindia belanda yang pertama menggunakan istilah indonesia ketika diasingkan ke negeri belanda. Demikian juga denga Mohammad Hatta yang menggunakan kata Indonesia untuk perkumpulan pelajar hindia belanda di belanda juga. Untuk di tanah air sendiri ada Dr Sutomo yang mulai menggunakan kata indonesia untuk studi klub nya. Dan disusul oleh PKI yang langsung menggunakan kata indonesia untuk bagian dari nama partai. Rentang tahun antara 1913 hingga 1925 ini kata indonesia populer digunakan oleh kaum pergerakan. Nah dengan dasar ini lazimlah jika muhammadiyah juga mulai menggunakan kata indonesia dalam publikasinya yang menandakan penggunaan bahasa indonesia (melayu) sebagai bahasa utama untuk suara muhammadiyah, seperti dalam gambar yang beredar dari pesan berantai di grup WA.

image

Walaupun tidak disebut di dokumen wiki sebagai organisasi yang menggunakan kata indonesia, tetapi arsip tersebut membuktikan bahwa muhammadiyah memang sudah “indonesia”. Bukti sejarah ini mesti diungkap agar lebih terang bagaimana kontribusi organisasi ini bagi kaum pergerakan.
Mungkin sebagian dari kita hanya mengenal kata “berkemajuan” sebagai kata kunci muhammadiyah. Dan berangkat dari kata kunci itu juga kita bisa mafhum ketika muhammadiyah menggunakan kata indonesia itu pada 1925, sebagai wujud betapa muhammadiyah juga peka dengan perkembangan zamannya. Nah untuk kata nusantara sendiri bagaimana? Dalam terbitan ilmiah dalam dokumen wiki tersebut diatas tadi, sedikit yang menyebut secara ilmiah selain bagaimana penyebutan itu dalam bahasa sankskerta, untuk menyebut kata ganti “kepulauan indonesia”.
Kata indonesia ini adalah produk dari kerja-kerja ilmiah para pemerhati indonesia. Dan sudah tentu ilmiah juga untuk dipertanggungjawabkan. Dan tidak mengada-ada jika kita sebut bangsa indonesia ini bangsa yang berkemajuan, yang menghargai kerja ilmiah dan menggunakannya dengan bangga. Bukan sekedar pembenaran untuk memegang tradisi leluhur semata, tetapi menjadi lebih berkemajuan dengan bangga menyebut diri sebagai Indonesia. Semoga makin bangga berbangsa indonesia dan berbahasa indonesia. Walaupun sekarang belum hari kebangkitan nasional πŸ™‚ selamat pagi indonesia

About Author:

Leave A Comment